Dbeyond Kreatika Indonesia

Perkembangan Corporate University

Banyak perusahaan semakin sadar akan pentingnya menjaga dan merawat Asset terpenting mereka yakni Sumber Daya manusia, salah satu strategi yang dilakukan adalah membentuk lembaga khusus seperti Corporate University sebagai wadah yang dikhususkan bagi pengembangan SDM di suatu perusahaan.

Namun, masih banyak yang salah mengartikan apa itu corporate university dan memadankannya dengan universitas publik yang diinisiasi oleh korporasi, padahal keduanya adalah sebuah entitas yang berbeda baik dari segi tujuan, hingga struktur kelembagaan.

Untuk itu, mari kita bahas bersama mengenai ini, dan di artikel ini saya akan merangkum hal-hal terkait corporate university dalam beberapa poin

  1. Corporate University bukanlah Universitas pada umumnya
  2. Sejarah Corporate University
  3. Perkembangan Corporate University di Indonesia
  4. Penghargaan-penghargaan terkait Corporate University di Indonesia dan Dunia
  5. Masa Depan Corporate University

Menanggapi mispersepsi masyarakat mengenai Corporate University yang dianggap sama seperti halnya universitas lain dengan nama korporasi dibelakangnya, benarkah?

Corporate University Bukanlah Universitas pada Umumnya

Jika dikalangan swasta, kita mengenal ada Universitas Bakrie milik Group Bakrie, President University  milik Jababeka, Universitas Sahid milik Group Sahid, Sampoerna University milik Group Sampoerna, Universitas Multimedia Nusantara milik Group Kompas Gramedia dan masih banyak lagi.

Di BUMN pun kita banyak mengenal ada Telkom University, Pertamina University, STT PLN, STML Pos Indonesia dan Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI).

Lalu apakah mereka adalah corporate university?

Jawabannya adalah bukan. Mereka adalah universitas publik yang digagas dan dimotori oleh perusahaan, dan biasanya dibuat sebagai bentuk “bakti untuk negeri” dengan berkomitmen membangun pendidikan yang lebih baik untuk negeri,

Lalu apa bedanya dengan corporate university?

Tujuan

Public universiti dibangun dengan tujuan melahirkan lulusan dengan penguasaan ilmu, keterampilan dan keahlian yang bersifat umum.

Corporate University berdiri dengan tujuan dan orientasi untuk melahirkan professional dan calon pemimpin bisnis yang memiliki kapasitas dan kapabilitas keilmuan dan keterampilan yang diintegrasikan dengan proses bisnis di internal masing-masing korporasi.

Kurikulum

Public University memiliki kurikulum yang generic dan mengikuti standar yang ditetapkan oleh otoritas di bidang pendidikan tinggi suatu negara.

CorpU memiliki kurikulum yang bersifat khusus dan cenderung unik, yang disesuaikan dengan kebutuhan esensial dari korporasi yang mendirikannya. Kurikulum ini biasanya disusun oleh tim Learning and Development (L&D)

Learning Focus

Fokus Public University adalah memnuhi kebutuhan pendidikan masyarakat dan industry pada umumnya dengan tanda lulusan dan ijazah formal.

CorpU berfokus pada pemenuhan kebutuhan bisnis yang bermuara pada tercapainya peningkatan kompetensi inti perusahaan yang bernilai strategis.

Taget CorpU adalah: Mengembangkan kompetensi karyawan dan meningkatkan permormansi bisnis di korporasi

Learning Management

Di Public University, nomenklatur rector, dekan, dosen dan mahasiswa berada di lingkungan dengan tujuan yang berbeda.

Di CorpU, dosen, dekan, rector dan mahasiswanya adalah orang-orang internal dari perusahaan itu sendiri.

Tata Kelola

Public University dikelola secara independen dengan menggunakan badan hukum yang bersifat khusus. Public university berada di bawah supervise kementerian pendidikan (Dirjen Dikti)

Sedangkan CorpU biasanya adalah bagian dari korporasi tersebut sehingga struktur dan posisi institusi CorpU melekat dalam struktur korporasi yang bersangkutan dan eksistensinya setingkat dibawah direksi.

 

Berikut contoh-contoh Corporate University (CorpU) yang ada di Indonesia:

Allianze Indonesia CorpU, Bank Mandiri CorpU, Danamon CorpU (DCU), Garuda CorpU, Global Council C, Multistrada CorpU, Pertamina CorpU, PLN CorpU, Telkom CorpU, Kamadjaya CorpU, Kemenkeu CorpU dan masih banyak lagi.

JIka Anda ingin mengetahui lebih jauh mengenai perbedaan CorpU dan Universitas milik Corporasi, Anda bisa simak opini pak Amri Yusuf di sini

 

Sejarah Corporate University

Corporate University sebenarnya mulai diperkenalkan oleh General Elektrik dan General Motor sekitar 1914 yang bertujuan untuk mengembangkan internal training bagi pekerja di sana dengan konsep Corporation School.

Namun, seiring perkembangan teknologi dan globalisasi yang juga mengakibatkan naiknya persaingan Industri membuat training pun harus berubah. Akhirnya GM dan GE mereorganisasi Corporation School mereka dan lahirlah Corporate University pertama pada 1950 dan kemudian diadopsi oleh Motorola dan Disney.

Baru sekitar 1980-an, kosep Corporate University semakin booming dan perusahaan-perusahaan di Amerika mulai berbondong-bondong mengadopsi Corporate University untuk pelatihan karyawan mereka.

 

Perkembangan Corporate University di Indonesia

Corporate di Indonesia termasuk baru karena pengimplementasiannya baru sekitar tahun 2000an, ada 3 perusahaan BUMN yakni Telkom Indonesia, PLN dan Pertamina yang menjadi early adopter Corporate Indonesia, kemudian merambah ke berbagai perusahaan seperti perbankan, alat berat, dsb.

Bahkan, sebagai early adopter, Telkom Indonesia pernah membanggakan negeri ini dengan meraih Silver Award dalam kategori Best Overall Corporate University dalam GlobalCCU Awards 2017 setelah sebelumnya di 2015 juga memenangkan penghargaan yang sama namun sebagai Bronze Awards.

Tak hanya Telkom Indonesia, Bank Mandiri juga menyabet gelar Gold Award dalam Best Corporate University leveraging Corporate Responsibility tahun 2015 oleh GLobalCCU Awards 2015

 

Penghargaan-penghargaan terkait Corporate University di Indonesia dan Dunia

Ajang penghargaan digunakan dengan tujuan untuk menghargai kerja keras para pemangku kepentingan di suatu bidang. Di beberapa bidang, ajang-ajang penghargaan bergengsi biasanya dibuat sebagai tolok ukur penilaian keberhasilan suatu program, begitupun Corporate University. Ada beberapa ajang penghargaan yang biasanya diselenggarakan beberapa tahun sekali. Berikut beberapa ajang bergengsi bagi Corporate University.

  1. GlobalCCU Awards

GlobalCCU Awards diselenggarakan oleh Global Council of Corporate Universities di yang bertujuan untuk menghubungkan seluruh Corporate University di dunia untuk memberikan kontribusi secara nyata bagi perkembangan dunia training pada umumnya dan Corporate University pada khususnya.

GlobalCCU Awards merupakan penghargaan GlobalCCU bagi Universitas / Akademi / Pembelajaran & Pengembangan Perusahaan pada skala global yang menciptakan nilai strategis untuk Orang, Bisnis dan Masyarakat.

  1. Indonesia Best Corporate University Competition

Indonesia Best Corporate University Competition merupakan hasil kerjasama antara PLN Corporate University dan majalah SWA, event pertama diselenggarakan tahun 2016, kemudian di selenggarakan kembali tahun 2018 dan menghadirkan PT. Kamadjaya Logistics sebagai penerima penghargaan Indonesia Best Corporate University Competition 2018.

 

Masa Depan Corporate University

Saat ini, pengetahuan semakin murah dan mudah untuk didapatkan, perang dengan raksasa teknologi seperti google, youtube atau munculnya platform-paltform mooc seperti Udemy, Lynda, dll juga diprediksi dapat menggeser keberadaan Corporate University.

Namun, transformasi digital yang tepat pada suatu Corporate University justru akan memberikan peluang yang lebih baik bagi peningkatan kinerja. Melalui CorpU mereka mampu mempertahankan value perusahaan dengan cara menyusun kurikulum yang sesuai dengan budaya dan value perusahaan dengan tetap menyesuaikan diri pada trend perkembangan bisnis dan teknologi.

Akhir Kata

Corporate University terbukti memberikan impact positif bagi perusahaan pengadopsinya, sehingga banyak perusahaan dan lembaga negara yang mulai menerapkan Corporate University. Namun perlu dipahami, untuk membentuk sebuah corporate university perlu adanya perencanaan yang matang dari stakeholder terkait.

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan antara lain Learning Need Analysis, Learning Design, Learning Delivery, Learning Evaluation, Leadership Learning, Digital Learning dan Integrated Learning ( sebagai sebuah  Group of Businesses).

Siapkah perusahaan Anda menerapkannya?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *