Dbeyond Kreatika Indonesia

7 Apresiasi Sederhana Untuk Selalu Membahagiakan Para Karyawan Anda

Siapa yang tidak ingin merasa bahagia? Bahkan semua orang pasti setiap hari ingin merasa bahagia dan gembira. Termasuk Anda sebagai pemilik perusahaan tentu ingin setiap karyawan dalam perusahaan Anda merasa bahagia dan betah untuk tetap stay dalam perusahaan Anda. Berikut ini beberapa tips sederhana dari kami tentang apresiasi sederhana yang perlu Anda lakukan untuk bisa menciptakan rasa kebahagiaan dalam perusahaan.

 

“Hargai Tiap Kerja Keras”

Semua orang pasti ingin dihargai, khususnya bagi siapa pun yang telah mencurahkan banyak waktu dan tenaganya untuk suatu hal. Ketika salah satu atau beberapa orang tim Anda berhasil menyelesaikan tugas dengan sangat baik, ingatlah akan kerja keras mereka. Berikan applause dan ucapan selamat saat next meeting dengan seluruh karyawan Anda, atau Anda bisa melakukan hal tersebut di group chat perusahaan Anda. Dan jangan lupa juga untuk memberikan bonus atas kerja keras yang telah mereka lakukan. Yups, se-simple itu.

 

“Ciptakan Suasana yang Menyenangkan”

Terkadang menjalankan suatu perusahaan memang diperlukan fokus dan kerja keras yang tulus dan maksimal. Berikan karyawan Anda ruang dan waktu untuk mereka bisa melepas penat mereka sejenak. Ajak mereka melakukan hal-hal yang sederhana seperti minum kopi, makan siang bersama, bermain game sebentar, atau mungkin Anda punya ide tersendiri tentang hal tersebut.

 

“Berikan Saran dan Referensi”

Ketika perusahaan Anda sedang melakukan sebuah projek yang harus segera diselesaikan, pasti ada beberapa orang dalam perusahaan Anda merasa buntu dan tidak ada ide untuk menyelesaikan projek tersebut. Tugas Anda adalah tentu membantu mereka. Berikan saran dan ide-ide terbaik untuk bisa menambah referensi untuk para karyawan Anda. Dengan referensi tersebut, tentu anggota karyawan Anda tidak akan kebingungan lagi untuk menyelesaikan jobdesknya.

 

“Rayakan Sesuatu”

Sebelumnya kita sudah membahas tentang menghargai kerja keras para karyawan di point pertama. Cobalah sesekali untuk mengingat dan rayakan tanggal-tanggal penting dalam perusahaan Anda seperti ulang tahun salah satu anggota, anniversary perusahaan, dll. Hal tersebut tentu akan menciptakan aura positif dalam lingkungan kerja Anda.

 

“Berikan Surprise Sederhana”

Sesekali Anda perlu memberikan surprise yang sederhana, contohnya semacam memesan makan siang untuk dimakan bersama. Kami yakin mereka tidak memikirkan hal tersebut sebelumnya, dengan simple surprise seperti ini tentu para anggota akan sangat mengapresiasi apa yang telah Anda lakukan.

 

“Buat Kegiatan yang Menimbulkan Keseruan”

Anda tentu akan sangat bahagia bila para karyawan Anda bisa selalu kompak dan menjalin persahabatan dengan baik. Anda bisa membuat semacam games kecil untuk meningkatkan ikatan batin mereka, seperti ketika moment hari kemerdekaan misalnya. Games-games yang bersifat kerja sama dengan hadiah yang menarik tentu akan semakin meningkatkan teamwork dalam perusahaan Anda.

 

“Jadilah Pendengar yang Baik”

Mungkin selama ini Anda kurang memahami apa yang sebenarnya para karyawan Anda inginkan. Tanyalah mereka. Luangkan waktu sejenak untuk membicarakan hal tersebut, tanggapi dengan baik, dan sampaikan ide-ide tersebut misalnya pada saat meeting. Hal ini sangat bagus, karena ketika seseorang merasa aspirasinya didengar, mereka akan merasa sangat dihargai.

Memimpin suatu perusahaan bukan hanya sekedar memikirkan bagaimana membuat bisnis Anda berkembang secepat mungkin, tapi lebih dari itu semua adalah perlunya Anda memperhatikan hal-hal kecil di sekitar Anda yaitu menciptakan keceriaan kepada para anggota karyawan Anda yang notabene adalah orang-orang yang sangat penting dalam kemajuan perusahaan Anda.

 

by : Bagus Subekti

sumber : digitalentrepreneur.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *