Dbeyond Kreatika Indonesia

6 Tips Mendapatkan Dana dari Investor

Saat membangun sebuah perusahaan startup, tentunya kamu diwajibkan untuk memikirkan tentang bagaimana cara untuk menggaet banyak investor guna mau menanamkan modalnya pada bisnis tersebut. Hal ini perlu dilakukan sebab untuk kelangsungan dan pengembangan dari bisnis startup kedepannya.

Dengan semakin banyaknya investor yang terjun kedalam bisnis stratup-mu, maka akan semakin banyak juga bantuan keuangan atau finansial yang akan kamu peroleh. Dengan begitu, kamu akan memiliki kepastian tentang sumber pendanaan untuk membangun serta mengembangkan bisnis startup.

Tetapi, untuk menggaet investor yang mau mengucurkan dananya bukanlah perkara yang mudah. Tidak seperti membalikan telapak tangan ataupun mengucapkan sebuah mantra sulap. Tetapi kamu tentunya harus memiliki trik khusus agar para investor yakin bahwa uang yang mereka kucurkan akan berkembang di perusahaan yang tepat. Karena tidaklah mungkin mereka mau mengucurkan dana yang besar tanpa memiliki prospek di masa depan.

Karena sudah dipastikan tidak akan ada seorang investor di dunia ini yang mau mengucurkan dananya secara sia – sia. Mereka pastinya memiliki poin – poin khusus untuk mempertimbangkan dan menilai apakah perusahaan akan berhasil atau tidak di masa depan.

6 Tips Agar Startup Mendapatkan Investor

6.KONSEP USAHA YANG JELAS

startup
Start Up Business Launch Success People Meeting Concept

Hal pertama yang akan jadi pertimbangan para investor ualah konsep usaha. para investor tentunya akan menanamkan modal di bisnis yang memang benar – benar serius didirikan.

Dengan memiliki konsep usaha yang jelas, strategi usaha yang matang, dan juga target yang realistis akan menjadi poin khusus bagi para investor.

Maka dari itu, kamu harus mampu menjawabnya melalui penjabaran konsep yang benar – benar detail. Selain itu sampaikan pula ide – ide unik yang kamu miliki kedalam konsep startup yang akan kamu tawarkan.

5.VISI DAN MISI YANG JELAS

startup

Selain konsep usaha yang jelas, tentunya kamu perlu atau bisa dikatakan wajib memiliki visi dan misi yang benar – benar jelas juga. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk para investor agar mampu memahami arah tujuan dari perusahaan, dan juga strategi yang akan di tempuh guna mencapai goal atau tujuan tersebut.

4.BUKTI KEUANGAN STABIL

startup

Sebelum menggalang dana dari investor, pastikan dahulu bahwa keuangan bisnis startup kamu stabil. Hal ini tentunya akan membuat kamu lebih percaya diri dalam menunjukan laporan keuangan atau cash flow perusahaan kepada calon investor.

3.TENTUKAN KEBUTUHAN

startup
Businessman drawing multilevel marketing scheme. Isolated on white.

Sebelum kamu mencari investor, sebaiknya tentukan dahulu peran apa yang benar – benar dibutuhkan oleh perusahaan startup kamu. Apakah itu penyedia nasihat, penyedia keuangan, atau partner untuk mengembangkan perusahaan. Dengan begitu kamu tidak akan salah dalam memilih investor yang cocok bagi startup-mu.

2.TEMUKAN INVESTOR TERBAIK

startup

Untuk menemukan seorang investor bisa dari manapu, misalnya melalui pelatihan, seminar, konferensi, ataupun dari kenalan orang lain. Disarankan untuk membangun networking atau jaringan sebanyak – banyaknya, karena dari situlah mungkin kamu akan mendapatkan calon investor yang potensial.

1.TUNJUKAN KESERIUSAN

startup

Calon investor tentunya mampu membaca maupun melihat keseriusan dalam membangun perusahaan. Kamu tentunya harus meyakinkannya serta membuatnya kagum akan rencana bisnis kamu dalam jangka waktu yang panjang. Apabila kamu mampu menunjukan itu, maka akan banyak investor yang mau mengucurkan dananya ke dalam bisnis startup kamu.

by : Fathi Muhanan

source : JagoTips.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *