Dbeyond Kreatika Indonesia

4 Cara Memanfaatkan Google Assistant untuk Menunjang Produktivitas

Smartphone telah menjadi salah satu cara pengguna untuk berinteraksi dengan Google Assistant.

Kini, asisten pintar besutan Google tersebut sudah bisa digunakan di berbagai platform, mulai dari iPhone, smartphone dengan Android 9 Pie, dan juga KaiOS.

Manuel Bronstein, Vice President of Product Google Assistant, dalam keterangan yang diterima Tekno Liputan6.com, mengungkap sejumlah langkah yang bisa dimanfaatkan pengguna Google Assistant untuk menunjang produktivitas di kesehariannya. Apa saja? Berikut daftarnya.

Bantuan Handsfree

Ada banyak cara yang Google Assistant dapat bantu melalui aplikasi yang kita gunakan setiap harinya.

Misalnya, sejak Google meluncurkan integrasi di Google Maps, para pengemudi mendapatkan bantuan handsfree, hanya dengan bicara atau ketik untuk mencari petunjuk arah seperti “Arahkan ke Grand Indonesia” dan melakukan panggilan.

Akses Segala Informasi Ketika Dibutuhkan

Sudah ada puluhan juta smartphone Android Go dan KaiOS yang terjangkau dengan  Google Assistant built-in, terjual selama beberapa tahun terakhir di beberapa negara.

Karena ponsel ini lebih populer dari tahun lalu, Google telah melihat peningkatan tujuh kali dalam jumlah pengguna aktif untuk Asisten Google di India, Indonesia, Meksiko dan Brasil.

Di tempat-tempat di mana orang datang online untuk pertama kalinya, jutaan orang mendapati bahwa suara adalah cara lebih natural untuk berinteraksi dengan teknologi, mengatasi rintangan teknologi yang sebelumnya terlihat diluar jangkauan.

Dewi, seorang ibu muda dari Indonesia, ingin mendesain ulang terasnya dan meningkatkan kebunnya, tetapi dengan begitu banyak situs dan aplikasi seluler yang dapat dipilih, ia tidak tahu harus mulai dari mana.

Jadi, Dewi memutuskan untuk meminta bantuan Google Assistant di telepon, mengakses informasi dengan cara yang belum pernah dia lakukan sebelumnya.

Dengan menggunakan Google Assistant, Dewi menemukan referensi desain, tutorial, dan panduan cara, semua yang ia butuhkan untuk menangani urusan rumitnya.

Sekarang, Dewi menggunakan Google Assistant secara teratur untuk menemukan resep baru dan informasi gizi dengan bicara atau ketik “Resep pepes ikan”, “Berapa kandungan kalori dalam sebuah mangga?”, “Berapa kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk?” hingga membantu pekerjaan rumah dari sekolah adik laki-lakinya untuk mencari hal-hal seperti “Satu mil sama dengan berapa kilometer?”, “Berapa liter dalam satu galon?”.

Akses Google Assistant Lewat Messages

Percakapan merupakan tempat dimana Google Assistant dapat membantu memudahkan rutinitas Anda. Beberapa bulan ke depan, untuk pengguna bahasa Indonesia, aplikasi “Messages” akan mulai memberikan saran sehingga pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi dari Google Assistant tentang film, restoran, dan cuaca. Anda bisa mulai dengan bicara atau ketik pada Asisten, “Cari restoran burger di sekitar sini?”, “Ada kedai kopi?”, dan “Berapa lama durasi Finding Dory”.

Cukup sentuh dan tahan tombol Home dengan aplikasi “Messages” sedang terbuka di ponsel, dan Google Assistant akan muncul untuk membantu.

Gunakan Suara untuk Membantu Rutinitas

Dalam beberapa bahasa, bahkan pesan teks sederhana bisa sangat sulit untuk diketik, dan itu lebih sulit pada keyboard ponsel berfitur dengan tiga huruf di setiap tombol.

Selama beberapa bulan mendatang, Google meluncurkan Pengetikan Suara di KaiOS, sehingga Asisten dapat membantu menerjemahkan ucapan ke teks dengan cara yang alami dan nyaman.

Membuat jadwal rapat hingga mengingatkan pengguna untuk kebutuhan rutin di rumah, kamu bisa bicara pada Google Assistant, “Ada apa di agenda hari ini” dan “Ingatkan untuk buang sampah satu jam lagi”.

Ketika Google pertama kali memperkenalkan Asisten Google bilingual, kamu dapat memilih antara enam bahasa yang berbeda dan beralih bolak-balik antara dua bahasa itu secara bergantian.

Sekarang, kamu dapat memilih pasangan bahasa apa saja dari Indonesia, Korea, Hindi, Swedia, Norwegia, Denmark, dan Belanda, selain bahasa yang didukung sejak awal: Inggris, Spanyol, Jerman, Prancis, Jepang, dan Italia.

Dengan Asisten Google dalam Messages dan Google Maps, Pengetikan Suara pada KaiOS, kontrol suara yang lebih alami, dan tombol fisik untuk Google Assistant pada lebih banyak smartpone; Google Assistant kamu siap membantu di tempat dan situasi yang paling dibutuhkan.

Source : liputan6.com

by : 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *